Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Kelas IV SDN 07 Binuang Kampung Dalam

Siregar, Irmay Hazzar Aswita (2021) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Kooperatif Tipe Numbered Head Together Kelas IV SDN 07 Binuang Kampung Dalam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IRMAY_HAZZAR_ASWITA_SIREGAR_17129043_4744_2021.pdf] Text
final_B1_06_IRMAY_HAZZAR_ASWITA_SIREGAR_17129043_4744_2021.pdf

Download (631kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik
terpadu yang masih rendah. Dikarenakan pembelajaran lebih terfokus pada guru
sehingga siswa belum mendapatkan pengalaman langsung, siswa kesulitan
menemukan sendiri konsep pada pembelajaran, dan siswa belum menampakkan
kerjasama dan tanggung jawab didalam kelompok saat berdiskusi. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together
pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 07 Binuang Kampung
Dalam.
Jenis Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian dilaksanakan sebanyak dua siklus.
Rancangan penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan 13 orang siswa kelas IV SDN 07
Binuang Kampung Dalam. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan
penilaian RPP.
Hasil pengamatan RPP siklus I memperoleh rata-rata 88% dengan kategori B
(Baik) meningkat pada siklus II menjadi 93% kategori Sangat Baik (SB).
Pelaksanaan pada aspek guru siklus I memperoleh rata-rata 82% dengan kategori
Baik (B) meningkat pada siklus II yaitu 97% dengan kategori Sangat Baik (SB).
Pelaksanaan pada aspek siswa siklus I memperoleh rata-rata 82% dengan kategori
Baik (B) dan meningkat pada siklus II menjadi 97% dengan kategori Sangat Baik
(SB). Hasil belajar siswa siklus I memperoleh rata-rata nilai 68 dengan Predikat
baik (B) meningkat pada siklus II menjadi 77 dengan kategori baik (B+). Dengan
demikian Penerapan model Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil
belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN 07 Binuang
Kampung Dalam

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Pembelajaran Tematik Terpadu, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 08:27
Last Modified: 14 Aug 2025 08:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21536

Actions (login required)

View Item
View Item