Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 08 Talao Kec. Sungaipua Kab.Agam.

Asriani, Asriani (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 08 Talao Kec. Sungaipua Kab.Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ASRIANI_1108210_1967_2014.pdf] Text
final_B1_6_ASRIANI_1108210_1967_2014.pdf

Download (732kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan disekolah dasar, bahwa dalam proses pembelajaran PKn, guru kurang memotivasi siswa dalam pembelajaran, guru dalam menyajikan materi terlalu cepat, guru tidak memberikan kesempatan bertanya dan berdiskusi kepada siswa selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan permasalahan yang penulis temukan hasil belajar PKn siswa masih rendah, untuk itu penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatka hasil belajar siswa pada pelajaran Pkn dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SD Negeri 08 Talao Kec.Sungaipua Kab.Agam. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, siklus I dilaksanakan dua kali pertemuan, siklus II satu kali pertemuan. Siswa yang diambil sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 08 Talao Kec.Sungaipua. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes dan pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata pada aspek pengamatan RPP dari rata-rata 87 pada siklus 1 meningkat menjadi 97 pada siklus II. Pada aspek guru dari rata-rata 81 pada siklus 1 meningkat menjadi 88 pada siklus II. Kemudian pada aspek siswa dari rata-rata 70 pada siklus 1 meningkat menjadi 89 pada siklus II. Hasil belajar siswa dari 7,0 pada siklus 1 meningkat menjadi 8,4 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PKn.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:03
Last Modified: 14 Aug 2025 07:03
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21518

Actions (login required)

View Item
View Item