Utari, Devi Rahmi (2013) Pengaruh Total Quality Management dan Pengendalian Personal terhadap Kinerja Manajerial pada Perusahaan Jasa Perhotelan Bintang 2, 3, dan 4 di Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_DEVI_RAHMI_UTARI_05292_2548_2013.pdf [thumbnail of final_B1_6_DEVI_RAHMI_UTARI_05292_2548_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_DEVI_RAHMI_UTARI_05292_2548_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan memberikan bukti empiris tentang: 1) Pengaruh total quality management terhadap kinerja manajerial, 2) Pengaruh pengendalian personal terhadap kinerja manajerial.
Jenis penelitian ini digolongkan pada penelitian yang bersifat kausatif. Populasi adalah seluruh Manajer Hotel Bintang 2,3 dan 4 di Kota Padang. Sampel menggunakan total sampling dengan responden manajer-manajer yang terkait langsung dengan kegiatan operasional hotel. Metode pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner. Jenis data subjek dan sumber data primer. Analisis data menggunakan regresi berganda dengan uji F dan uji t.
Hasil penelitian ini menunjukkan (1) total quality management tidak berpengaruh terhadap kinerja manajerial dengan nilai thitung < ttabel (-0,501 < 1,678), sig (0.619 > 0.05) dan nilai β arahnya negatif yaitu sebesar -0,013 (H1 ditolak). (2) pengendalian personal berpengaruh signifikan positif terhadap kinerja manajerial dengan thitung > ttabel (2,190 > 1,678), sig (0.034 < 0.05) dan nilai β arahnya positif yaitu sebesar 0,116 (H2 diterima).
Dalam penelitian ini disarankan: 1) Untuk peneliti berikutnya yang tertarik untuk meneliti judul yang sama sebaiknya menambahkan variabel lain, karena dari model penelitian yang digunakan, diketahui bahwa variabel penelitian yang digunakan dapat menjelaskan sebesar 55,8%. 2) Bagi Manajer hotel bintang 2,3 dan 4 di kota Padang untuk tetap mempertahankan pengendalian personal yang telah baik, serta meningkatkan standarisasi agar total quality management lebih dapat diterapkan dengan baik untuk meningkatkan kinerja manajerial.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | total quality management terhadap kinerja manajerial, pengendalian personal terhadap kinerja manajerial, kinerja manajerial pada perusahaan jasa perhotelan |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi-S1 |
Depositing User: | Gilang Maulana Rasyid |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 07:03 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 07:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21514 |