Suryani, Irma (2017) Peningkatan Aktivitas Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_IRMA_SURYANI_1300436_4749_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_IRMA_SURYANI_1300436_4749_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_IRMA_SURYANI_1300436_4749_2017.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang lebih dominan
dilakukan oleh guru dengan menggunakan metode ceramah, sehingga kurang
melibatkan siswa berkerja sama dalam kelompok untuk mendapatkan informasi. Hal
ini mengakibatkan kurangnya aktvitas siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian
ini untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran IPS
dengan menggunakan Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV
SDN 06 Simpang Haru Kota Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi.
Sumber data adalah proses pembelajaran IPS menggunakan Cooperative Learning
Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SDN 06 Simpang Haru Kota Padang. Subjek
penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 24 orang. Prosedur
penelitian terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan (1) RPP pada siklus I
pertemuan I sebesar 71,43%, pertemuan II sebesar 85,71 dengan rata-rata sebesar
78,57% sedangkan pada siklus II sebesar 92,85% (2) pelaksanaan pembelajaran IPS
dari aspek guru pada siklus I pertemuan I sebesar 65%, pertemuan II sebesar 90%,
dengan rata-rata sebesar 77,5% sedangkan pada siklus II sebesar 95% %, pada aspek
siswa siklus I pertemuan I sebesar 70%, pertemuan II sebesar 90% dengan rata-rata
sebesar 80% sedangkan siklus II sebesar 95%. (3) Aktivitas siswa dalam
pembelajaran IPS mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I sebesar 64,19%,
pertemuan II sebesar 73,05% dengan rata-rata sebesar 68,52% sedangkan pada siklus
II sebesar 85,94%. Dengan demikian, dapat disimpulkan Cooperative Learning Tipe
Two Stay Two Stray dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajan IPS di
Kelas IV SDN 06 Simpang Haru Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aktivitas, Pembelajaran IPS, Two Stay Two Stray |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21498 |