Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA

Aura, Selfi Monica (2021) Pengembangan Permainan Tic-Tac-Chem Sebagai Media Pembelajaran Kimia pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia Kelas X SMA/MA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SELFI_MONICA_AURA_16035036_951_2021.pdf] Text
final_B1_7_SELFI_MONICA_AURA_16035036_951_2021.pdf

Download (747kB)

Abstract

Permainan Tic-Tac-Chem merupakan salah satu variasi media pembelajaran dalam mengerjakan latihan yang berguna untuk pemantapan materi “hukum-hukum dasar kimia” peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan Tic-Tac-Chem menjadi media pembelajaran untuk materi hukum-hukum dasar kimia dan menentukan tingkat validitas serta praktikalitasnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan 4-D, yaitu fase define, design, develop,dan disseminate. Pengembangan permainan Tic-Tac Chem dibatasi sampai pada fase develop dengan melakukan pengujian validitas dan praktikalitasnya. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket validasi dan angket praktikalitas. Validasi dilakukan oleh lima orang validator. Sementara itu, praktikalitas dilakukan oleh 20 orang peserta didik kelas XI dan dua orang guru kimia. Teknik analisa data menggunakan Aiken’s V dan % Praktikalitas. Hasil uji validitas media memiliki Aiken’s V (V) dengan kategori valid yaitu 0,81. Untuk hasil uji kepraktisan % Praktikalitas (P) media sebesar 87% termasuk dalam kategori sangat praktis. Dengan demikian permainan Tic-Tac-Chem dikatakan valid dan praktis sebagai media pembelajaran kimia untuk mempelajari“hukum-hukum dasar kimia”. Diharapkan media permainan Tic-Tac-Chem ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran dan membantu peserta didik dalam pemantapan konsep

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tic-Tac-Chem, Media Pembelajaran, Hukum-hukum dasar kimia, R&D, Model 4-D, Aiken’s V dan % Praktikalitas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LT Textbooks
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 14 Aug 2025 07:02
Last Modified: 14 Aug 2025 07:02
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21493

Actions (login required)

View Item
View Item