Asri, Asri (2016) Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Metode Kooperatif Tipe NHT di Kelas IV SDN 01 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ASRI_58367_3268_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ASRI_58367_3268_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ASRI_58367_3268_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran IPS di kelas IV bahwa pembelajaran tersebut sering didominasi oleh guru dengan menggunakan metode ceramah, siswa hanya menerima informasi dari guru. sehinga hasil belajar siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan metode kooperatif tipe NHT di kelas IV SDN 01 Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Prosedur penelitian terdiri atas : Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Hasil belajar siswa, dan Refleksi. Sumber data adalah proses kegiatan pembelajaran IPS dengan metode kooperatif tipe NHT. Subjek penelitian yaitu peneliti dan siswa kelas IV SDN 01 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian tindakan yang dilakukan dalam II siklus yang memperlihatkan perkembangan pada : (a) Penilaan RPP siklus, 76,79 % dengan kualifikasi baik, siklus II 89,29 % dengan kualifikasi sangat baik. (b) Pengamatan dari aspek guru siklus 82,5 % dengan kualifikasi baik, siklus II 95 % dengan kualifikasi sangat baik. (c) Pengamatan dari aspek siswa siklus I 70 % dengan kualifikasi cukup, siklus II 90 % dengan kualifikasi sangat baik. (d) Hasil belajar siswa siklus I rata-rata 71,13 siklus II hasil belajar siswa mengalami kemajuan lebih baik, dengan rata-rata 80,97. Maka dengan demikian dapat dikatakan bahwa dengan metode kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN 01 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | asil Belajar, IPS, Metode Kooperatif Tipe NHT |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21492 |