Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Inkuri di Kelas IV SD N 08 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan

Putri, Irma Dewi Riza (2018) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Pendekatan Inkuri di Kelas IV SD N 08 Pasar Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IRMA_DEWI_RIZA_PUTRI_57050_223_2018.pdf] Text
final_B1_06_IRMA_DEWI_RIZA_PUTRI_57050_223_2018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah guru kurang mampu
mengembangkan pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa secara
optimal dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa sering kali tidak
bersemangat dan merasa jenuh dalam pembelajaran, sehingga hasil belajarnya
rendah. Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran
IPS di lakukan PTK dengan menggunakan pendekatan inkuiri. Tujuan penelitian
ini adalah mendeskripsikan dan mendapatkan informasi tentang peningkatan hasil
belajar IPS dengan menggunakan pendekatan Inkuiri.
Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV yang berjumlah 20
orang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus yang terdiri dari kegiatan perencanan,
pelaksanaan, pengamatan dan refleksi pada masing-masing siklus. Data
dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar penialaian.
Hasil penelitian diperoleh peningkatan nilai rata-rata kelas dari 73,5 pada
siklus I menjadi 83 pada siklus II. Maka dapat disimpulkan pada penelitian ini
adalah dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran IPS dapat
meningkatkan hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:28
Last Modified: 14 Aug 2025 04:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21485

Actions (login required)

View Item
View Item