Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Map di Kelas IV SDN 21 Pilubang Agam

Septian, Irfan (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran PKn Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Mind Map di Kelas IV SDN 21 Pilubang Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IRFAN_SEPTIAN_1204612_1328_2017.pdf] Text
final_B1_06_IRFAN_SEPTIAN_1204612_1328_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran PKn yang berpusat pada
guru. Guru sering menjelaskan pembelajaran PKn yang ada di dalam buku paket
tanpa mengaitkan masalah dalam kehidupan nyata, menyebabkan pembelajaran
kurang menarik dan siswa menjadi kurang aktif. Salah satu model pembelajaran
yaitu model Mind Map. Dengan model ini siswa dapat merasakan pembelajaran
yang lebih bermakna dan menyentuh realita kehidupan siswa sehari-hari. Tujuan
penelitian ini adalah mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada
pembelajaran PKn dengan model Mind Map dikelas IV SD Negeri 21 Pilubang
Agam.
Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 23 siswa.
Penelitian dilaksanakan dua siklus. Rancangan penelitian meliputi, (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan/observasi, dan (4) refleksi. Dengan
teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes.
Hasil penelitian pada perencanaan RPP siklus I adalah 73,21% (C),
sedangkan siklus II menjadi 96,42 % (SB). Pelaksanaan pada aspek guru siklus I
adalah 78,12% (B), sedangkan siklus II menjadi 93,75% (SB). Pada aspek siswa
siklus I adalah 79,68% (B), sedangkan siklus II menjadi 93,75% (SB). Penilaian
hasil belajar siswa yaitu siklus I diperoleh rata-rata nilai 73,47 dan pada siklus II
menjadi 90,41. Dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Mind Map
dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran PKn di sekolah dasar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:27
Last Modified: 14 Aug 2025 04:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21476

Actions (login required)

View Item
View Item