Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Malabur Kabupaten Agam

Irdawati, Irdawati (2017) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Dengan Menggunakan Pendekatan Konstruktivis di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 08 Malabur Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_IRDAWATI_52516_3293_2017.pdf] Text
final_B1_06_IRDAWATI_52516_3293_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam pembelajaran membaca
pemahaman, guru tidak menggunakan model yang sesuai dengan materi kemudian
juga tidak menggunakan alat maupun media untuk mendukung pembelajaran.
Guru juga tidak memberikan contoh tentang bagaimana menemukan kalimat
utama dan membuat ringkasan sehingga siswa menjadi bosan ,malas dan kurang
aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini secara umum untuk
mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV SDN 08
Malabur Kabupaten Agam dengan model konstruktivis .
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan
pendekatan kualitatif dan kuantitatif, data penelitian meliputi
perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dua
siklus dengan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Instrumen penelitian adalah
lembar observasi dan lembar tes, subjek penelitian ini adalah guru dan siswa
Hasil penelitian menunjukkan pada aspek guru siklus I diperoleh rata-rata
76% dengan kriteria (B) dan meningkat menjadi 88,4% dengan kriteria (SB) pada
siklus II. Hasil pengamatan aktivitas siswa siklus I diperoleh rata-rata 67% dengan
kriteria (B) dan 84,6% dengan kriteria (SB) pada siklus II. Temuan penelitian
yaitu peningkatan membaca pemahaman dari tiap tahap yakni tahap prabaca di
siklus I ; 68,05 menjadi 84,7 di siklus II ,tahap saatbaca di siklus I ;78,38 menjadi
86,1 di siklus II , tahap pascabaca di siklus I ; 79,86 menjadi 84,7 di siklus II.Dari
hasil penelitian ini diambil kesimpulan pembelajaran keterampilan membaca
pemahaman siswa dengan pendekatan konstruktivis meningkat

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 14 Aug 2025 04:26
Last Modified: 14 Aug 2025 04:26
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21473

Actions (login required)

View Item
View Item