Afifah, Miftahul (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen di Kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_MIFTAHUL_AFIFAH_1100640_4671_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_MIFTAHUL_AFIFAH_1100640_4671_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_MIFTAHUL_AFIFAH_1100640_4671_2017.pdf
Download (907kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di SD Negeri 18 Air Tawar Selatan rendah. Guru belum maksimal membimbing dalam melakukan kegiatan eksperimen. Tujuan dari penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan menggunakan metode eksperimen di kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 18 Air Tawar Selatan dengan jumlah siswa 19 orang. Penelitian dilaksanakan 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri atas 2 pertemuan. Data penelitian ini meliputi: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada rencana pembelajaran pada siklus I 71,43% (C) dan pada siklus II 87,50% (SB). Aktivitas guru pada siklus I 73,87% (C) dan pada siklus II 87,50% (SB). Aktivitas siswa pada siklus I 71,60% (C) dan pada siklus II 88,64% (SB). Sedangkan hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas yang terus meningkat dari siklus I 74,08 (C) dan pada siklus II 84,49 (B).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN IPA, METODE EKSPERIMEN |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 04:26 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 04:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21465 |