Fadhila, Fani (2021) Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Inkuiri di Kelas V SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_FANI_FADHILA_17129325_2992_2021.pdf [thumbnail of final_B1_06_FANI_FADHILA_17129325_2992_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_FANI_FADHILA_17129325_2992_2021.pdf
Download (788kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik pada
pembelajaran tematik terpadu yang masih rendah. Pelaksanaan pembelajaran tematik
terpadu belum terlaksana secara efektif. Peserta didik kurang termotivasi untuk aktif
untuk mencari, menemukan dan memecahkan masalah terhadap materi pembelajaran
secara mandiri. Hal ini disebabkan karena guru dalam melaksanakan pembelajaran
belum menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan pembelajaran masih
dilaksanakan secara konvensional. Sehingga berdampak pada hasil belajar peserta
didik yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu
menggunakan model Inkuiri di kelas V SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima
Puluh Kota.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan
di SD Negeri 04 Batu Balang Kabupaten Lima Puluh Kota. Subjek penelitian ini
yaitu guru kelas dan peserta didik yang berjumlah 25 orang peserta didik. Yang
terdiri dari 16 orang peserta didik laki-laki dan 9 orang peserta didik perempuan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan
kualitatif, Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus. Siklus I terdiri dari dua kali
pertemuan dan siklus II terdiri dari satu kali pertemuan. Prosedur penelitian terdiri
dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Instrumen
yang digunakan untuk pengumpulan data adalah lembar observasi, lembar tes dan
non tes.
Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar tematik terpadu
peserta didik. Hal ini dapat dilihat pada : a) RPP siklus I pertemuan I 77.7% (C),
siklus I pertemuan II 83.3% (B) dengan rata-rata hasilnya 80.5% (B), meningkat pada
siklus II 94.4% (SB). b) hasil pelaksanaan pembelajaran aspek guru siklus I
pertemuan I adalah 78.1% (C), siklus I pertemuan II 87.5 % (B), siklus II 93.7%
(SB). c) hasil pelaksanaan pembelajaran aspek peserta didik siklus I pertemuan I 75%
(C), Siklus I pertemuan II 84.3% (B), siklus II 90,6% (SB). Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Inkuiri dapat
meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran tematik terpadu di kelas
V.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:30 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21460 |