Ayu, Iradati Fitri (2017) Pengaruh Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_IRADATI_FITRI_AYU_1300514_5266_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_IRADATI_FITRI_AYU_1300514_5266_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_IRADATI_FITRI_AYU_1300514_5266_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Model NHT merupakan model pembelajaran dengan membentuk kelompok
kecil yang heterogen dimana memberikan kesempatan kepada siswa untuk saling
membagikan ide-ide dan mempertimbangkan jawaban yang paling tepat serta
dapat mempengaruhi pola interaksi siswa guna meningkatkan penguasaan
akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
Cooperative Learning Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar
dalam Pembelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru tahun
ajaran 2016/2017.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Jenis
penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain
nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh
siswa kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru yang terdiri dari 2 kelas, yaitu IVA
dan IVB. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive dengan
menggunakan hasil pretest sehingga diperoleh kelas IVA Haru sebagai kelompok
eksperimen dan kelas IVB sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data
pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini
menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis
menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan
dalam menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together
(NHT) terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 03 Simpang Haru. Hal
ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf signifikan 5% (0,05) dieroleh thitung
(4,27) > ttabel (1,672). Hasil belajar IPS yang diperoleh kelompok eksperimen
lebih tinggi daripada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean 80,25 dan mean
yang diperoleh kelompok kontrol sebesar 76,04.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, NHT, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:29 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21457 |