Sova, Ira Maya (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV SDN 13 Muaro Tantang Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_IRA_MAYA_SOVA_52521_3288_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_IRA_MAYA_SOVA_52521_3288_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_IRA_MAYA_SOVA_52521_3288_2017.pdf
Download (637kB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan dilapangan bahwa pembelajaran yang
dilaksanakan dilapangan yang dilaksanakan oleh guru sering menggunakan model
pembelajaran konveksional dimana guru selalu menjadi pusat pembelajaran
(teaching centered) sehingga hasil belajar IPS siswa belum sesuai dengan apa
yang diharapkan, oleh sebab itu dilakukan tindakan dengan menggunakan
pembelajaran Cooperative tipe Numbered Head Together yang menjadikan siswa
pusat pembelajaran itu sendiri (student centerd). Penelitian ini bertujuan untuk
memperbaiki proses pembelajaran IPS di kelas, sehingga dapat meningkatkan
hasil belajar IPS di kelas IV SDN 13 Muaro Tantang Kecamatan Palembayan
Kabupaten Agam.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( classroom action
reseach) pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dan kuantitatif. Model pembelajaran Cooperative tipe NHT merupakan
model pembelajaran yang menempatkan siswa dalam kelompok belajar yang
beranggotakan 4-5 orang siswa dan setiap siswa mempunyai nomor yang berbeda.
Model pembelajaran ini di lakukan melalui empat langkah mulai dari penomoran
(Numbering), pengajuan pertanyaan (questioning), berfikir bersama (head
together), dan pemberian jawaban (answering).
Penelitian menunjukkan adanya peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari aspek
1 dalam penyusunan RPP pada siklus I baik, dan di siklus II sangat baik,
sedangkan aktivitas guru pada siklus I diperoleh 75, dan siklus II 94. pertemuan II
80(sangat baik), sedangkan pada siklus II di peroleh 88. Dengan demikian dapat
di simpulkan pada Penelitian Tindakn Kelas melalui pembelajaran Cooperative
tipe NHT dapat meningkat hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21452 |