Putra, Metrio Liponi Ade (2017) Peningkatan Hasil Belajar Jaring-jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di Kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_METRIO_LIPONI_ADE_PUTRA_1304949_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_METRIO_LIPONI_ADE_PUTRA_1304949_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_METRIO_LIPONI_ADE_PUTRA_1304949_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar jaring-jaring balok dan kubus. Guru langsung memberikan gambar jaring-jaring balok dan kubus di papan tulis. Siswa hanya mengamati dan tidak mencoba menemukan sendiri jaring-jaring balok dan kubus karena pada umumnya kegiatan berpusat pada guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Jaring- jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) di kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan tindakan serta hasil tes. Sumber data adalah proses dan hasil pelaksanaan pembelajaran jaring-jaring balok dan kubus dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Ajaran 2016/2017. Subjek penelitian adalah guru selaku observer, peneliti selaku praktisi, dan siswa kelas IV B sebanyak 25 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada aspek RPP, aspek guru dan siswa, serta hasil belajar siswa. Hasil pengamatan RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah 89,28%, siklus I pertemuan 2 adalah 100% dan pada siklus II adalah 100% kualifikasi sangat baik. Hasil pengamatan aspek guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 77,50% kualifikasi baik, siklus I pertemuan 2 adalah 82,50%, dan siklus II adalah 97,50% kualifikasi sangat baik. Aspek siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 67,50% kualifikasi cukup, siklus I pertemuan 2 adalah 85%, meningkat pada siklus II adalah 100% kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 adalah 69,45, siklus I pertemuan 2 adalah 75,69 meningkat pada siklus II menjadi 88,07. Maka dapat disimpulkan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Jaring-jaring Balok dan Kubus di kelas IV SDN 34 Simpang Haru Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | HASIL BELAJAR JARING-JARING BALOK, KUBUS DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 14 Aug 2025 03:28 |
Last Modified: | 14 Aug 2025 03:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21447 |