Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang

Nofianti, Metha (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS Menggunakan Model Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray di Kelas IV SD Negeri 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_METHA_NOFIANTI_1108263_1347_2017.pdf] Text
final_B1_06_METHA_NOFIANTI_1108263_1347_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS masih rendah, proses pembelajaran masih monoton, guru kurang meningkatkan interaksi siswa antar kelompok, guru tidak membagi siswa dalam kelompok, dan guru kurang membangkitkan motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS menggunakan model kooperatif tipe Two Stay Two Stray di kelas IV SDN 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang terdaftar pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan dalam a) Perencanaan pada siklus I memperoleh persentase nilai 80,35% (kualifikasi B) meningkat menjadi 92,85% (kualifikasi SB) pada siklus II, b) Pelaksanaan pembelajaran IPS dari aspek guru pada siklus I memperoleh persentase 80,35% (kualifikasi B) meningkat menjadi 96,42% (kualifikasi SB) pada siklus II, pada aspek siswa siklus I memperoleh persentase 76,78% (kualifikasi B) meningkat menjadi 92,85% (kualifikasi SB) pada siklus II, c) Hasil belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 76,45 (kualifikasi B) meningkat menjadi 87,37 (kualifikasi SB) pada siklus II. Dengan demikian, model kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan hasil belajar IPS di kelas IV SDN 48 Ganting Kecamatan Koto Tangah Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: HASIL BELAJAR SISWA, KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:06
Last Modified: 14 Aug 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21444

Actions (login required)

View Item
View Item