Pengaruh Model Problem Based Learning terrhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Gugus 1 Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota

Refina Sy, Mesya (2020) Pengaruh Model Problem Based Learning terrhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas IV SDN Gugus 1 Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_MESYA_REFINA_SY_16129190_4075_2020.pdf] Text
final_B1_06_MESYA_REFINA_SY_16129190_4075_2020.pdf

Download (436kB)

Abstract

Dalam penelitian ini latar belakang yang ditemukan peneliti adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu karena model yang digunakan guru kurang sesuai dengan materi yang diajarkan sehingga berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa di kelas IV SDN Gugus 1 Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Experimental Type Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Teknik yang digunakan untuk menentukan kelompok eksperimen dan kontrol adalah melalui undian sederhana. Kelas IV SDN 02 Sungai Talang ditetapkan sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SDN 04 Sungai Talang sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes yaitu tes pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis menggunakan uji-t (t-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SDN Gugus 1 Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh thitung = 3,23 > ttabel = 1,68. Hasil belajar tema 2 subtema 1 pembelajaran 1 yang diperoleh kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol = 73 dan mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 82.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PROBLEM BASED LEARNING, HASIL BELAJAR SISWA, PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 14 Aug 2025 03:06
Last Modified: 14 Aug 2025 03:06
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21440

Actions (login required)

View Item
View Item