Asniyati, Asniyati (2015) Peningkatan Hasil Belajar Luas Persegi Panjang dan Persegi dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas III SDN 09 Kecamatan V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ASNIYATI_1109515_5665_2015.pdf [thumbnail of final_B1_6_ASNIYATI_1109515_5665_2015.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ASNIYATI_1109515_5665_2015.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran luas persegi panjang dan persegi pada siswa kelas III SDN 09 V Koto Timur masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan pada siswa sewaktu pembelajaran untuk mengkonstruksikan sendiri pengetahuan yang dimiliki siswa dengan pengetahuan yang baru. Oleh sebab itu pembelajaran ini menggunakan pendekatan Konstruktivisme yang bertujuan menciptakan pembelajaran yang efektif dan dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang dan persegi dengan pendekatan konstruktivisme di kelas III SDN 09 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan yang digunakan pada pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan tes. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dua kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksaan 3) pengamatan 4) refleksi. Subjek peneliti terdiri dari 17 orang siswa dikelas III SDN 09 V Koto Timur Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang dan persegi terlihat pada hasil perencanaan pembelajaran siklus I pertemuan I 82%, pertemuan II 85% dan siklus II pertemuan I 92%, pertemuan II 96%. Hasil pelaksanaan pembelajaran siklus I pertemuan I (aspek guru) adalah 80%,pertemuan II 90%, aspek siswa siklus I pertemuan I 75%, pertemuan II 80%, siklus II pertemuan I 95%, pertemuan II 95%. Pada penilaian hasil belajar kognitif, afektif dan pisikomotor pada siklus I dengan rata-rata 66,20, siklus II 87,51. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar luas persegi panjang dan persegi di SDN 09 V Koto Timur.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Luas Persegi Panjang, Persegi, Pendekatan Konstruktivisme |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:42 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:42 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21424 |