Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 10 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Nasution, Asnita (2012) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dengan Menggunakan Metode Bermain Peran di Kelas V SDN 10 Lembah Melintang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ASNITA_NASUTION_58375_93_2013.pdf] Text
final_B1_6_ASNITA_NASUTION_58375_93_2013.pdf

Download (561kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataaan di sekolah bahwa dalam proses pembelajaran masih bersifat monoton dan pengembangan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor siswa kurang berkembang dengan baik, sehingga hasil belajar PKn siswa belum sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasinya dilakukan tindakan dengan menggunakan metode bermain peran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan metode bermain peran bagi siswa kelas V SDN 10 Lembah Melintang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melakukan observasi, wawancara, tes, dan pengamatan melalui lembar pengamatan aspek guru dan siswa. Metode bermain peran merupakan pembelajaran yang diupayakan agar dapat membina interaksi antara siswa sehingga kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotor siswa dapat dikembangkan dengan baik. Metode bermain peran ini dilaksanakan dalam tiga tahap yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Hasil penelitian pada perencanaan siklus I pertemuan I adalah 85,7% dan siklus I pertemuan II adalah 89,2%, terjadi peningkatan 3,5%, perencanaan siklus II adalah 96,4% terjadi peningkatan 7,2% . Pada pelaksanaan aspek guru siklus I pertemuan I adalah 70%, pertemuan II 82,5% ,dengan rata-rata adalah 75% dan siklus II adalah 92,5%, terjadi peningkatan 17,5%. Dari aspek siswa siklus I pertemuan I 71,5 %, pertemuan II adalah 72,5% dengan rata-rata adalah 72% dan siklus II adalah 87,5%, terjadi peningkatan 15,5%. Rata-rata hasil belajar siswa ranah kognitif siklus I pertemuan I 69,6%, siklus I pertemuan II yang diperoleh siswa 70% dan pada siklus II adalah 85,7% mengalami peningkatan 15,7%. Ratarata hasil belajar siswa ranah afektif siklus I pertemuan I adalah 68%, siklus I pertemuan II 71% dan pada siklus II adalah 76 % dan mengalami peningkatan 8%. Dengan demikian metode bermain peran dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di kelas V SD Negeri 10 Lembah Melintang kabupaten Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, PKn, Metode Bermain Peran
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 13 Aug 2025 09:41
Last Modified: 13 Aug 2025 09:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21420

Actions (login required)

View Item
View Item