Asmawarni, Asmawarni (2014) Peningkatan Hasil Belajar Jaring - Jaring Balok dan Kubus dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SDN 16 Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ASMAWARNI_1108362_2715_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ASMAWARNI_1108362_2715_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ASMAWARNI_1108362_2715_2014.pdf
Download (578kB)
Abstract
Pembelajaran jaring - jaring balok dan kubus pada siswa SDN 16 V Koto Kampung Dalam masih berpusat pada guru dan kurang memberikan kesempatan pada siswa untuk mengkonstruksikan sendiri pengetahuan yang dimiliki siswa dengan pengetahuan yang baru. Oleh sebab itu pembelajaran ini menggunakan pendekatan Konstruktivisme yang bertujuan menciptakan pembelajaran yang efektif dan dapat membantu guru dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian ini juga bertujuan meningkatkan hasil belajar jaringjaring balok dan kubus dengan pendekatan konstruktivisme di kelas IV SDN 16 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pendekatan yang digunakan pada pendekatan ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari dua siklus, siklus I dua kali pertemuan, siklus II dua kali pertemuan. Prosedur penelitian dilakukan dalam 4 tahap yaitu 1) perencanaan 2) pelaksaan 3) pengamatan 4) refleksi. Subjek peneliti terdiri dari 17 orang siswa dikelas IV SDN 16 V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian yang dilakukan dengan pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan hasil belajar jaring- jaring balok dan kubus terlihat pada hasil perencanaan pembelajaran siklus I yaitu 83,5%, siklus II 94%. Untuk hasil pelaksanaan pembelajaran pada siklus I adalah 80%, siklus II 93,75% dan untuk hasil belajar siswa pada penilaian kognitif, afektif dan psikomotor pada siklus I dengan rata-rata 63,87 siklus II 89,01. Jadi dapat disimpulkan bahwa pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar jaring - jaring balok dan kubus.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Konstruktivisme, Jaring - Jaring Balok, Kubus |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LG Individual institutions (Asia. Africa) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:37 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:37 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21399 |