Asisri, Asisri (2014) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model cooperative Type Student Team Achievement Division (STAD) di Kelas IV SD Negeri 03 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ASISRI_09758_3176_2014.pdf [thumbnail of final_B1_6_ASISRI_09758_3176_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ASISRI_09758_3176_2014.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan dilapangan, dimana guru lebih mendominasi pembelajaran,guru lebih banyak menggunakan metode ceramah,siswa kurang diberi kesempatan untuk berpikir, selain itu pembelajaran IPS hanya ditekankan pada aspek kognitif saja dan mengabaikan aspek afektif dan psikomotor,padahal pembelajaran IPS yang seharusnya menitikberatkan pada keterampilan bersosial belum begitu tampak dalam praktek keseharian siswa. Untuk mengatasi masalah diatas dilakukan tindakan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model cooperative type STAD. Perencanaan pembelajaran diwujudkan dalam bentuk RPP sesuai dengan langkah – langkah cooperative type STAD . Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa di kelas IV SDN 03 Marunggi Kecamatan Pariaman Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang dilakukan dua siklus empat kali pertemuan.Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model cooperative type STAD. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD terteliti yang berjumlah 22 orang dan guru. Prosedur penelitian ini ada empat tahap yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Hasil penelitian perencanan pembelajaran siklus I diperoleh nilai 78,57 dan 92,86 pada siklus II. Hasil pengamatan terhadap aktivitas guru siklus I diperoleh 75,00 meningkat menjadi 90,63 pada siklus II,Hasil pengamatan terhadap aktivitas siswa siklus I diperoleh 71,88 dan 87,51 pada siklus II.Hasil belajar siswa pada aspek kognitif siklus I diperoleh rata-rata 66,37 meningkat 83,18 pada siklus II, aspek afektif siklus I 70,46 meningkat 81,82 pada siklus II, aspek psikomotor siklus I 68,37 meningkat 84,66 pada siklus II.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran cooperative type STAD hasil belajar siswa meningkat.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Cooperative STAD |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21370 |