Novajri, Kardimen (2011) Kontribusi Kelengkapan Fasilitas Praktek dan Minat Belajar terhadap Kemampuan Praktek Mata Diklat Memasang dan Mengoperasikan Pengendali Elektronika Daya Siswa Kelas II Jurusan Teknik Elektro SMK N 1 Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_5_KARDIMEN_NOVAJRI_49970_2011.pdf [thumbnail of B1_5_KARDIMEN_NOVAJRI_49970_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_5_KARDIMEN_NOVAJRI_49970_2011.pdf
Download (203kB)
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan
korelasional, yang bertujuan untuk mengungkap seberapa besar kontribusi
kelengkapan fasilitas praktek dan minat belajar siswa terhadap kemampuan
praktek pada mata diklat memasang dan mengoperasikan pengendali elektronika
daya siswa kelas II jurusan teknik elektro SMK N 1 pariaman. Penyusunan
kerangka konseptual bertitik tolak dari teori-teori yang telah dikemukakan oleh
para ahli. Kerangka konseptual menghasilkan rumusan hipotesis yaitu terdapat
kontribusi kelengkapan fasilitas praktek dan minat belajar terhadap kemampuan
praktek.
Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dan nilai praktek
siswa. Sebelum digunakan sebagai alat pengumpul data, telah dilakukan uji coba
instrumen kepada 20 orang siswa jurusan teknik elektro SMK N 1 Pariaman. Dari
30 item untuk instrumen kelengkapan fasilitas praktek, 5 buah item dinyatakan
gugur. Sedangkan 34 item untuk instrumen minat belajar, 3 buah item dinyatakan
gugur. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas II jurusan teknik elektro
SMK N 1 Pariaman yang terdiri dari 30 orang siswa, sedangkan sampel yang
diambil dari populasi sebanyak 23 orang siswa
Data yang diperoleh dari 23 orang siswa tersebut dianalisis dengan
menggunakan rumus Analisa korelasi product moment yang proses pengolahan
dengan bantuan komputer menggunakan program SPSS versi 15.0. berdasarkan
analisis data diperoleh hasil bahwa kelengkapan fasilitas praktek memberikan
kontribusi sebesar 28,3% terhadap kemampuan praktek pada mata diklat
M&MPED, Minat belajar memberikan kontribusi sebesar 40,1% terhadap
kemampuan praktek pada mata diklat M&MPED, dan kelangkanpan fasilitas
praktek dan minat belajar secara bersama-sama memberikan kontribusi sebesar
54,4% terhadap kemampuan praktek pada mata diklat M&MPED siswa kelas II
jurusan teknik elektro SMK N 1 Pariaman.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KELENGKAPAN FASILITAS PRAKTEK-MEMASANG DAN MENGOPERASIKAN PENGENDALI ELEKTRONIKA |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika-S1 |
Depositing User: | Arlianis Arlianis S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 09:35 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 09:35 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21366 |