Lissa, Lissa (2011) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Alat Peraga Gantungan Gambar di TK Mahadul Islami Ampang Gadang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_LISSA_93974_777_2012.pdf [thumbnail of final_B1_7_LISSA_93974_777_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_LISSA_93974_777_2012.pdf
Download (314kB)
Abstract
Kemampuan berhitung anak dalam memahami jumlah gambar di TK Mahadul Islami Ampang Gadang masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak terhadap pemahaman angka dan gambar.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian TK Mahadul Islami Ampang Gadang pada kelompok B5 yang berjumlah 17 orang anak teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan format hasil penilaian selanjutnya diolah dengan teknik persentase.
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus. Hasil penelitian pada setiap siklus telah menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berhitung anak dari siklus I pada umumnya masih rendah yaitu 54% dan dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II perkembangan berhitung anak menjadi meningkat 88% serta menunjukkan hasil yang positif, kecenderungan peningkatan terbesar dicapai pada kemauan serta keberanian anak dalam melakukan permainan gantungan gambar di TK Mahadul Islami sehingga hasil rata-rata kemampuan berhitung anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.
Ternyata kemampuan berhitung anak mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa permainan gantungan gambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak di TK Mahadul Islami Ampang Gadang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung Anak, Permainan Gantungan Gambar, TK Mahadul Islami. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:45 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:45 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21358 |