Asdelia, Asdelia (2016) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together pada Siswa Kelas IV SDI Raudhatul Jannah Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ASDELIA_52135_1287_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ASDELIA_52135_1287_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ASDELIA_52135_1287_2016.pdf
Download (887kB)
Abstract
Penulisan ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya permasalahan pada pembelajaran IPS di SDI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh yaitu pembelajaran masih bersifat konvensional sehingga kurang dapat menarik perhatian dan motivasi siswa dalam belajar, ketika proses pembelajaran guru kurang mengoptimalkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran, dalam pembelajaran IPS yang seharusnya menitik beratkan pada keterampilan bersosial belum begitu nampak dalam praktek keseharian siswa terutama ketika dalam proses pembelajaran dalam kelompok. Permasalahan tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi rendah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana rancangan, pelaksanaan, dan hasil belajar pada pembelajaran IPS dengan pendekatan kooperatif tipe NHT. Penulisan ini merupakan Penulisan Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penulisan ini diperoleh dari pengamatan dan hasil tes. Subjek penulisan terdiri dari penulis dan siswa kelas IV SDI Raudhatul Jannah Kota Payakumbuh yang berjumlah 30 orang. Data yang dianalisis adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Prosedur penulisan dilakukan dengan 4 tahap yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Dalam penulisan ini diperoleh nilai untuk RPP siklus I pertemuan I 87% dengan kualifikasi sangat baik, pertemuan II 97% dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II 100% dengan kualifikasi sangat baik. Dalam pelaksanaan, aktivitas guru siklus I pertemuan I 71% dengan kualifikasi baik, pertemuan II meningkat 87,5% pada kualifikasi sangat baik, dan siklus II 100% dengan kualifikasi sangat baik. Aktivitas siswa siklus I pertemuan I 62%, pada kualifikasi cukup pertemuan II 87,5% dengan kualifikasi sangat baik dan siklus II 100% pada kualifikasi sangat baik. Hasil belajar siklus I pertemuan I 68,02 meningkat pada pertemuan II 72,47 dan siklus II 84,47. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPS meningkat dengan menggunakan pendekatan kooperatif tipe NHT.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Pendekatan Kooperatif Tipe Numbered Head Together |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:30 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21340 |