Efektivitas Media Scrabble Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang

Sari, Lisa Monika (2015) Efektivitas Media Scrabble Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_LISA_MONIKA_SARI_5391_2015.pdf] Text
final_B1_7_LISA_MONIKA_SARI_5391_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang bahwa kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang cenderung kurang bervariasi dalam pengembangan kemampuan berhitung anak. Hal ini disebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berhitung anak. Oleh karena itu, penggunaan Media Scrabble Angka ini diduga efektif terhadap kemampuan berhitung anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Efektifitas Media Scrabble Angka terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-kanak Ahyaksa XXVI Padang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk quashy eksperimen. Populasi penelitian adalah TK Adhyaksa XXVI Padang, berjumlah 103 orang anak terbagi dalam 6 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya cluster sampling, yaitu kelompok B5 dan kelompok B4 masing- masingnya berjumlah 18 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, berupa pernyataan sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan jawaban pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t- test).
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil tes kelompok eksperimen adalah 60 dan SD sebesar 7,66 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 56 dan SD sebesar 5,81. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 8,699 dan ttabel sebesar 2,032 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 34. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Scrabble Angka sangat efektif terhadap pengembangan kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Adhyaksa XXVI Padang tahun ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media Scrabble Angka, Kemampuan Berhitung Anak, Taman Kanak-kanak.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 13 Aug 2025 07:29
Last Modified: 13 Aug 2025 07:29
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21331

Actions (login required)

View Item
View Item