Arnon, Arnon (2012) Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan Menggunakan Model Cooperative Laerning Tipe Numbered Head Together (NHT) Bagi Siswa Kelas IV SDN 07 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARNON_95444_1339_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARNON_95444_1339_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARNON_95444_1339_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran IPS yang selama ini masih berpusat kepada guru. Guru hanya menjelaskan, bertanya jawab dan menyuruh siswa menghafal fakta-fakta yang ada sehingga siswa kurang mampu dalam mengeluarkan ide-idenya dan kurang terlatih untuk berfikir kritis dalam memecahkan masalah. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Laerning Tipe Numbered Head Together (NHT) yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendapatkan data dan analisisnya melalui kajian-kajian reflektif, patisipatif, dan kolaboratif dan pendekatan kuantitatif yang berupa angka-angka nilai siswa. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi.Penelitian ini dilaksanakan pada semester I tahu ajaran 2011/2012 pada proses pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) bagi siswa kelas IV SDN 07 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok dengan jumlah siswa sebanyak 33 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan.Dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) siswa memperoleh nilai kognitif,afektif,dan psikomotor pada siklus I adalah 63% pada siklus II siswa memperoleh nilai kognitif,afektif,dan psikomotor adalah 87%.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 07 Batang Barus Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, NHT |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 07:26 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 07:26 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21314 |