Widarsih, Arni (2012) Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Pada Siswa SDN 33 Tanjung Sabar Kecamatan Lubuk Begalung Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARNI_WIDARSIH_90758_2647_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARNI_WIDARSIH_90758_2647_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARNI_WIDARSIH_90758_2647_2012.pdf
Download (351kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan IPA yang selama ini masih bersifat konfensional atau cenderung hafalan dan proses pembelajarannya lebih cenderung pada produk dibandingkan dengan proses dalam membuktikan atau menemukan sendiri konsep IPA. Di samping itu, pendidikan IPA selama ini cenderung menempatkan siswa sebagai objek dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan sistematis, karena strategi berpikir tidak digunakan secara optimal dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan (3) hasil belajar yaitu proses dan hasil. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil wawancara, kumpulan catatan perbaikan, dan tes akhir. Sumber data adalah proses penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN 33 Tanjung Sabar Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas V yang berjumlah 20 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar IPA di kelas V SDN 33 Tanjung Sabar Kecamatan lubuk Begalung yang pembelajaranya menggunakan Keterampilan Proses. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang diperoleh dari sikus I yaitu rata-rata nilai siswa 46.6% sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa yaitu 85,2% dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan Pendekatan Keterampilan Proses dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 33 Tanjung Sabar Kecamatan lubuk Begalung Kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pendekatan Keterampilan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education P Language and Literature > PZ Children's literature |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 06:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 06:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21307 |