Deskripsi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas XI SMAN 1 Nan Sabaris

Firnanda, Juliyas (2012) Deskripsi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur Atom di Kelas XI SMAN 1 Nan Sabaris. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_JULIYAS_FIRNANDA_86313_1681_2012.pdf] Text
final_B1_8_JULIYAS_FIRNANDA_86313_1681_2012.pdf

Download (866kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang miskonsepsi siswa pada materi struktur atom di kelas XI SMA. Miskonsepsi adalah ketika pemahaman seseorang tidak sesuai dengan pemahaman para ahli di bidang tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pada konsep-konsep mana saja dan berapa persen siswa yang mengalami miskonsepsi pada konsep-konsep dalam materi struktur atom. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif yang bertujuan menggambarkan dan menginterprestasikan suatu gejala, peristiwa atau kejadian dengan apa adanya tanpa memberikan perlakuan dan manipulasi variabel. Instrumen penelitian yang dipakai adalah tes diagnostik bertingkat dua. Data hasil tes dikelompokkan menjadi tiga kelompok pemahaman, yaitu: paham, miskonsepsi, tidak paham. Miskonsepsi siswa paling tinggi terjadi pada konsep diagram orbital 97,62% untuk kelas XI IA1 dan diagram orbital 96% untuk kelas XI IA2, sedangkan miskonsepsi siswa paling rendah terjadi pada konsep elektron valensi 2,38% dan bilangan kuantum utama (n) 2,38% untuk XI IA1 serta bilangan kuantum azimut (l) 4%, bilangan kuantum magnetik (m) 4% untuk kelas XI IA2

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Miskonsepsi, Siswa, Struktur atom, Deskripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:49
Last Modified: 13 Aug 2025 06:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21295

Actions (login required)

View Item
View Item