Hubungan Persepsi Siswa tentang Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat CNC pada Kelas X1 tp di SMK Teknologi Muhammadiyah Bukittinggi

Josmandi, Josmandi (2012) Hubungan Persepsi Siswa tentang Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Mata Diklat CNC pada Kelas X1 tp di SMK Teknologi Muhammadiyah Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_8_JOSMANDI_1108098-2012_4544.pdf] Text
final_B1_8_JOSMANDI_1108098-2012_4544.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan atas dasar permasalahan yang terjadi dan ditemukan di SMK Teknologi Muhammadiyah Bukittingi, terdapat disiplin yang rendah dalam proses belajar mengajar siswa dalam kelas yang mempengaruhi hasil belajar bagi siswa tersebut. Hasil belajar siswa pada mata diklat CNC kelas X1 TP SMK Teknologi Muhammadiyah Bukittinggi masih tergolong rendah. Dimana pada saat proses belajar mengajar berlangsung masih banyak terdapat pelanggaran seperti siswa sering keluar masuk ketika jam pelajaran berlangsung, walaupun bukan untuk suatu hal yang sifatnya sangat penting, siswa sering berbicara dengan teman-teman ketika pembelajaran berlangsung, siswa sering mengganggu teman-teman ketika pembelajaran berlangsung, siswa mengerjakan tugas pelajaran yang lain ketika pembelajaran berlangsung, disaat ujian berlangsung, siswa berpindah-pindah tempat duduk dan menganggu temannya yang serius mengikuti ujian tersebut. Sebagian besar siswa yaitu sebanyak 54,6%, belum mencapai kompetensi minimum yang telah di prasyaratkan.Ini merupakan suatu masalah yang perlu diperbaiki dan dicarikan solusinya. Apakah ada kaitannya dengan hasil belajar yang diperoleh siswa dengan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Mata Diklat CNC Kelas XI TP SMK Teknologi Muhaammadiyah Bukittinggi dengan menggunakan penelitian korelasional yang bertujuan mengungkap hubungan dan sumbangan antara kedua variabel persepsi siswa tentang disiplin belajar (X) dengan hasil belajar siswa pada mata diklat CNC (Y). Sebagai subjek yang dijadikan pada penelitian ini untuk memperoleh data adalah siswa kelas XI TP.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapatnya hubungan yang signifikan (cukup) antara disiplin belajar siswa dengan hasil belajar mata diklat CNC pada kelas XI TP SMK Teknologi Muhammadiyah Bukittinggi yang ditunjukkan oleh nilai r hitung = 0,350 >r tabel = 0,344. Besarnya sumbangan disiplin belajar terhadap hasil belajar mata diklat CNC adalah tergolong rendah, yakni sebesar 12,25 % saja, sedangkan sebesar 87,75 % dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun faktor lain yang dimaksud pada penelitian ini salah satunya adalah faktor sarana dan prasarana, dimana mesin CNC hanya terdapat satu unit saja di sekolah yang menimbulkan kesulitan bagi siswa dan pihak sekolah untuk meningkatkan hasil belajar dan kompetensi siswa pada program keahlian teknik pemesinan,

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Disiplin belajar, Hasil belajar, CNC
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin-S1
Depositing User: Muhammad Arga
Date Deposited: 13 Aug 2025 06:47
Last Modified: 13 Aug 2025 06:49
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21294

Actions (login required)

View Item
View Item