Saripaheni, Saripaheni (2015) Peningkatan Kemampuan Bercerita Anak melalui Big Book di PAUD Mutiara Indah Tiku Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_SARIPAHENI_1209791_60_2016.pdf [thumbnail of final_B1_7_SARIPAHENI_1209791_60_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_SARIPAHENI_1209791_60_2016.pdf
Download (3MB)
Abstract
Bercerita merupakan suatu momen yang cukup sulit untuk dilakukan oleh anak usia dini. hal ini terjadi karena anak pada usia dini lebih cenderung pasif dalam belajar. Dan banyak dari anak yang tidak mengerti cara untuk menyampaikan atau menuliskan cerita dengan benar. Oleh karena itu maka peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana caranya agar anak mampu untuk menceritakan kembali isi dari sebuah cerita atau dapat menceritakan sebuah gambar yang dilihatnya dengan menggunakan media big book.
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan kemampuan bercerita anak melalui big book. Tempat penelitian di PAUD Mutiara Indah Tiku Agam dengan jumlah anak 10 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Mei sampai 14 Mei 2014 tahun ajaran 2013 / 2014 di kelas A. Alat pengumpulan data dilakukan berupa format observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data diperoleh dengan teknik persentase. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam 2 siklus, pada siklus I dengan persentase rata – rata masih rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase rata – rata menjadi sangat tinggi menunjukkan bahwa kriteria ketuntasan minimal yang telah tercapai melebihi.
Penelitian ini sangat penting peneliti lakukan agar peneliti dapat mengetahui Penyebab sulitnya anak menceritakan kembali suatu cerita yang sudah dibacakan kepada anak atau menceritakan isi sebuah gambar yang di berikan kepada anak. Sehingga anak merasa tertarik untuk mengulangi kembali cerita yang sudah dibaca dengan runtun.
Pada siklus I persentase nilai rata – rata yang diperoleh anak yaitu masih. rendah dan terjadi peningkatan pada siklus II dengan persentase rata-rata menjadi sangat tinggi. Hasil persentase nilai anak menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah tercapai sudah melebihi.
Hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan bercerita anak melalui big book di PAUD Mutiara Indah Tiku Agam meningkat
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Bercerita Anak, Media Big Book, Penelitian Tindakan Kelas, Pendidikan Anak Usia Dini, PAUD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Lailatul Husni |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21270 |