Delvia, Armi (2012) Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual di Kelas V SDN24 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARMI_DELVIA_23628_6610_2012.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARMI_DELVIA_23628_6610_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARMI_DELVIA_23628_6610_2012.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah Dasar bahwa dalam pembelajaran IPA terlihat hasil belajar siswa rendah. Masalah tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang diselenggarakan guru lebih bersifat menyampaikan dengan menggunakan metode ceramah, sehingga siswa menjadi pendengar pasif. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan menggunakan pendekatan Kontekstual, di kelas V SDN 24 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan Kontekstual mempunyai 7 komponen, yaitu konstuktivisme, masyarakat belajar, bertanya, menemukan pemodelan, refleksi, dan penilaian yang sebenarnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Penelitian ini meliputi: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi, (5) Penilaian. Yang terdiri dari dua siklus dengan tiga kali pertemuan. Pendekatan yang digunakan untuk penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dengan intrumen penelitian lembaran observasi dan tes dengan subjek penelitian guru dan siswa SDN24 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar IPA SDN24 VII Koto Sungai Sarik. Pengumpulan data dilaksanakan dengan lembaran observasi dan tes Hasil penelitian dengan menggunakan pendekatan Kontekstual dapat peningkatan hasil belajar IPA siswa di kelas V SDN 24 VII Koto Sungai Sarik Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian menunjukan rata-rata ketercapaian yang diperoleh guru dalam penyusunan RPP pada siklus I 71,42 % meningkat siklus II 89,28 %. Sedangkan aktivitas guru diperoleh 73,21% meningkat siklus II 92,85%. Penilaian aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 71,42% meningkat siklus II 87,49%. Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 69,28 (dengan kriteria cukup). Pada siklus II Meningkat menjadi 80,89 (dengan kriteria sangat baik). Dapat disimpulkan pada penelitian tindakan kelas ini bahwa pendekatan Kontesktual dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa SDN24 VII Koto Sungai sarik Kabupaten Padang Pariaman
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPA, Pendekatan Kontekstual |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 04:47 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 04:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21268 |