Pengaruh Penggunaaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nusantara Timur Pasaman Barat.

Sari, Nurintan (2014) Pengaruh Penggunaaan Media Gambar Terhadap Kemampuan Bercerita Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nusantara Timur Pasaman Barat. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_NURINTAN_SARI_15824_4182_2014.pdf] Text
final_B1_7_NURINTAN_SARI_15824_4182_2014.pdf

Download (768kB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan dari kenyataan di Taman Kanak-kanak Aisyiyah
Nusantara Timur Pasaman Barat, bahwa dalam bercerita anak kurang dalam
kejelasan atau artikulasi bicara. Selain itu, metode dan media guru juga kurang
bervariasi. Akibatnya, berdampak terhadap kemampuan bercerita anak yang
masih rendah. Oleh karena itu, penggunaan media gambar diduga berpengaruh
untuk mengembangkan kemampuan bercerita anak. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media gambar terhadap
kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Nusantara Timur
Pasaman Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang berbentuk
quasyeksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah
Nusantara Timur Kabupaten Pasaman Barat berjumlah 70 orang yang terbagi
dalam 4 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya purposive
sampling, yaitu kelompok B1 dan kelompok B2 masing-masingnya berjumlah 16
orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes lisan, berupa pernyataan
sebanyak 5 butir pernyataan dan alat pengumpul data digunakan lembaran
pernyataan. Kemudian data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian terlihat bahwa analisi data, diperoleh rata-rata hasil tes
kelompok eksperimen adalah 86,75 dengan SD sebesar 8,45sedangkan pada
kelompok kontrol adalah 75,5 dan SD sebesar 5,80. Pada pengujian hipotesis
diperoleh bahwa ������se�besar 4,26 dan �����2�,042 pada taraf α = 0,08 dan dk
30. Maka dapat disimpulkan penggunaan media gambar efektif digunakan dalam
mengembangkan kemampuan bercerita anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah
Nusantara Timur Pasaman Barat.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:47
Last Modified: 13 Aug 2025 04:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21265

Actions (login required)

View Item
View Item