Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam

Rahmadani, Sari Rahayu (2014) Efektivitas Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Berhitung Anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_SARI_RAHAYU_RAHMADANI_54423_4056_2014.pdf] Text
final_B1_7_SARI_RAHAYU_RAHMADANI_54423_4056_2014.pdf

Download (838kB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari kenyataan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam, bahwa kemampuan berhitung anak masih rendah, dikarenakan beberapa faktor salah satunya adalah metode yang digunakan guru dalam pengenalan kegiatan berhitung hanya menekankan pada praktek-praktek paper pencil test dan pemberian tugas pada anak. Selain faktor tersebut faktor terbatasnya media dalam pengenalan berhitung kepada anak juga menjadi penyebab rendahnya kemampuan berhitung anak dikarenakan anak jenuh dan kurang berminat dalam kegiatan pengenalan berhitung dikarenakan guru hanya menggunakan media yang sama setiap kali pembelajarannya sehingga anak mengalami kesulitan dalam memahami konsep berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media permainan ular tangga terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yang desain quasy eksperimen. Populasi penelitian adalah anak Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam yang berjumlah 64 orang yang terbagi dalam 4 kelompok belajar dan teknik pengambilan sampelnya Purposive Sampling, yaitu kelompok B1 sebagai kelas kontrol dan kelompok B2 sebagai kelas eksperimen masing-masingnya berjumlah 15 orang anak. Teknik pengumpulan data digunakan tes, dan alat pengumpul data yang digunakan adalah tes perbuatan. Teknik analisis untuk uji hipotesis menggunakan perbedaan dua rata-rata dengan menggunakan uji t test.
Berdasarkan analisis data, diperoleh rata-rata hasil posttest kelas eksperimen adalah 89,33 dan SD sebesar 8,48 sedangkan pada kelompok kontrol adalah 64,53 dan SD sebesar 9,67. Pada pengujian hipotesis diperoleh thitung sebesar 7,209 dan ttabel sebesar 2,048 pada taraf nyata α = 0,05 dan dk = 28. Maka dapat disimpulkan penggunaan media permainan ular tangga berpengaruh terhadap kemampuan berhitung anak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kamang Hilir Kabupaten Agam ajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Permainan Ular Tangga, Kemampuan Berhitung Anak, Pendidikan Anak Usia Dini, Quasi Eksperimen, Taman Kanak-kanak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Lailatul Husni
Date Deposited: 13 Aug 2025 04:44
Last Modified: 13 Aug 2025 04:44
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21247

Actions (login required)

View Item
View Item