Resta, Arini Sio (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS dengan Menggunakan Model Kooperatif Tipe Make A Match di Kelas V SDN 25 Seroja Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARINI_SIO_RESTA_1200563_4910_2017.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARINI_SIO_RESTA_1200563_4910_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARINI_SIO_RESTA_1200563_4910_2017.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar IPS di SDN 25 Seroja. Hal ini disebabkan karena guru lebih mendominasi dalam proses pembelajaran IPS sehingga kurang memberikan ruang kepada siswa untuk menemukan sendiri materi yang sedang dipelajari dan pembelajaran menjadi kurang menyenangkan bagi siswa. Tujuan penelitian secara umum untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match di kelas V SDN 25 Seroja Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dalam pelaksanaanya, penelitian ini terdiri dari dua siklus. Prosedur penelitian terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas V yang berjumlah 18 orang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, tes dan daftar cek. Hasil penelitian dengan menggunakan model kooperatif tipe Make A Match menunjukan peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari: Hasil pengamatan RPP pada siklus I adalah 81,24% meningkat pada siklus II menjadi 91,67%. Pelaksanaan pembelajaran pada aspek guru siklus I adalah 83,75% meningkat menjadi 95% pada silus II dan aspek siswa siklus I adalah 80% meningkat menjadi 92,50% pada siklus II. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I adalah 73,65 meningkat menjadi 87,37 pada Siklus II. Dengan demikian model kooperatif tipe Make A Match telah dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 25 Seroja Kecamatan Lintau Buo Utara Kabupaten Tanah Datar
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, IPS, Model Kooperatif Tipe Make A Match |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 03:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21225 |