Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Topeng-topengan di Taman Kanak Kanak Bina Ummat Kapujan Pesisir Selatan

Marlina, Leni (2014) Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Permainan Topeng-topengan di Taman Kanak Kanak Bina Ummat Kapujan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_7_LENI_MARLINA_1110592_4390_2014.pdf] Text
final_B1_7_LENI_MARLINA_1110592_4390_2014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kemampuan membaca anak masih rendah, hal ini dilatarbelakangi oleh anak belum mampu menyebutkan simbol-simbol huruf karena anak belum mengenal huruf, sehingga anak belum bisa membedakan bentuk dan simbolnya. Permainan topeng-topengan maka di harapkan anak bisa mengenal huruf, membedakan huruf, dan merangkai huruf konsonan dan huruf vocal, sehingga anak mampu membaca. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan membaca anak melalui kegiatan permainan topeng-topengan di Taman Kanak- kanak Bina Ummat kapujan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yaitu suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dan memperbaiki proses pembelajaran yang dilaksanakan pada kelompok B Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah anak 12 orang yang terdiri dari 6 orang Perempuan dan 6 orang Laki-laki. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi yang dianalisis dengan persentase. Penelitian ini dilakukan dua Siklus, pelaksanaan siklus I tiga kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan.
Berdasarkan hasil tindakan dapat dinyatakan bahwa terjadinya peningkatan kemampuan membaca anak melalui permainan topeng-topengan. Pada kondisi awal persentase rendah pada siklus I sedikit meningkat, pada siklus II menunjukan bahwa kemampuan membaca anak mengalami peningkatan dari sebelum tindakan. sehingga persentase rata-rata tingkat keberhasilan anak melebihi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca, Permainan Topeng-Topengan, Taman Kanak-Kanak, Penelitian Tindakan Kelas.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1
Depositing User: Riska Monita Yanti
Date Deposited: 13 Aug 2025 03:47
Last Modified: 13 Aug 2025 03:47
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21195

Actions (login required)

View Item
View Item