Kurniawan, Arief (2016) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Scientific di Kelas II SD Negeri 04 Padang Ganting. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_6_ARIEF_KURNIAWAN_54229_3039_2016.pdf [thumbnail of final_B1_6_ARIEF_KURNIAWAN_54229_3039_2016.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_6_ARIEF_KURNIAWAN_54229_3039_2016.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak maksimalnya guru dalam proses pembelajaran tematik terpadu, disebabkan guru belum sepenuhnya mampu menerapkan pembelajaran tematik terpadu sesuai dengan pendekatan yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan proses belajar siswa dalam pembelajaran tematik terpadu dengan menerapkan pendekatan scientific di kelas II SD Negeri 04 Padang Ganting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dilaksanakan dalam tiga siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang siswa. Teknik yang digunakan adalah teknik pengumpulan data dengan instrument penelitian yaitu lembar observasi dan lembar tes. Hasil penelitian pada siklus I penilaian RPP memperoleh rata-rata nilai 75% dengan kualifikasi nilai cukup, pada siklus II meningkat menjadi 79% dengan kualifikasi nilai baik, dan pada siklus III meningkat menjadi 83% dengan kualifikasi nilai baik. Aktivitas guru memperoleh rata-rata nilai 72% pada siklus I dan mendapatkan kualifikasi nilai cukup, meningkat pada siklus II menjadi 77% dengan kualifikasi nilai baik dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 83% dengan kualifikasi nilai baik. Aktivitas siswa memperoleh rata-rata nilai 75% pada siklus I dengan kualifikasi nilai cukup dan meningkat pada siklus II menjadi 81% dengan kualifikasi nilai baik, dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 97% dengan kualifikasi nilai sangat baik. Penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata nilai 66 dengan kualifikasi nilai cukup, pada siklus II meningkat menjadi 74 dengan kualifikasi nilai baik, dan semakin meningkat pada siklus III yaitu 85 dengan kualifikasi nilai baik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik Terpadu, Pendekatan Scientific |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Viola Alvina Santika |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:53 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21185 |