Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture bagi Siswa Kelas III SD No 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang.

Suriani, Ari (2014) Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Picture and Picture bagi Siswa Kelas III SD No 07 Ulak Karang Selatan Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ARI_SURIANI_54257_2114_2015.pdf] Text
final_B1_6_ARI_SURIANI_54257_2114_2015.pdf

Download (670kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berbicara siswa. Dalam pembelajaran guru kurang mengoptimalkan keterampilan berbicara sehingga minat belajar siswa menjadi kurang. Akibatnya siswa takut dan malu diminta berbicara di depan kelas. Fenomena ini membuat peneliti tertarik melakukan penelitian. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture bagi siswa kelas III SD No 07 Ulak Karang Selatan kota Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dua siklus, terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi pada masing-masing siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas III SD No 07 Ulak Karang Selatan kota Padang, berjumlah 24 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil penilaian berbicara siswa. Berdasarkan hasil penelitian dipaparkan sebagai berikut: perencanaan siklus I 93,75% dengan kualifikasi sangat baik dan pada siklus II 96,88% dengan kualifikasi sangat baik. Pelaksanaan pada siklus I aspek guru 67,5% dengan kualifikasi cukup ; aspek siswa 70% dengan kualifikasi baik. Pelaksanaan pada siklus II aspek guru 85% dengan kualifikasi sangat baik; aspek siswa 85% dengan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian keterampilan berbicara siklus I mendapat nilai rata-rata 67,19 dengan kualifikasi cukup dan siklus II mendapat nilai ratarata 81,66 dengan kualifikasi sangat baik. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas III SD No 07 Ulak Karang Selatan kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara, Model Pembelajaran Picture and Picture
Subjects: A General Works > AS Academies and learned societies (General)
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Viola Alvina Santika
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:52
Last Modified: 13 Aug 2025 02:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21169

Actions (login required)

View Item
View Item