Fatmawati, Len (2014) Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini dengan Teknik Sempoa di Taman Kanak-kanak Seroja Bungus Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_LEN_FATMAWATI_59455_1710_2014.pdf [thumbnail of final_B1_7_LEN_FATMAWATI_59455_1710_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_LEN_FATMAWATI_59455_1710_2014.pdf
Download (988kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berhitung anak di TK Seroja, hal ini terbukti bahwa masih banyak anak yang belum bisa berhitung, mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan, menjumlah bilangan, disebabkan karena kurangnya kemampuan guru dalam mengelola media untuk berhitung dan metode yang digunakan kurang menarik dan bervariasi bagi anak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini dengan teknik sempoa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sabjek penelitian di TK Seroja Bungus Padang kelompok B1 berjumlah 20 orang terdiri dari 11 perempuan 9 laki- laki. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, dokumentasi dan selanjutnya diolah dengan teknik persentase. Penelitian ini dilakukan 2 siklus setiapnya dilakukan 3 akli pertemuan. Hasil persentase rata-rata peningkatan kemampuan berhitung anak melalui permainan sempoa, dari kondisi awal sebelum tindakan siklus I belum terjadinya peningkatan kemampuan berhitung anak dan dilanjutkan ke siklus II , dan telah terjadi peningkatan kemampuan berhitung anak di kelas B1 TK Seroja Bungus Padang. Peningkatan persentase kemampuan mengenal lambang bilangan meningkat dari menjadi lebih baik. Dapat dinyatakan bahwa perkembangan kemampuan berhitung anak melalui permainan sempoa meningkat dengan berhasilnya penelitian ini, maka peneliti menyimpulkan bahwa salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini dapat dilakukan melalui permainan sempoa.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Berhitung, Sempoa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD-S1 |
Depositing User: | Riska Monita Yanti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21159 |