Wulandari, Try (2017) Efektivitas Penggunaan Strategi Quantum Reading dan PQ4R terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Komplek Surau Gadang, Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_TRY_WULANDARI_1300426_4524_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_TRY_WULANDARI_1300426_4524_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_TRY_WULANDARI_1300426_4524_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Strategi pembelajaran mengacu pada perencanaan yang dapat dipakai oleh guru dan hendaknya relevan dengan tujuan pembelajaran. Guru harus cermat dalam memilih strategi yang cocok dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Namun pada kenyataannya di lapangan, strategi pembelajaran membaca pemahaman masih jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan strategi Quantum Reading dan PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Komplek Surau Gadang Kota Padang tahun ajaran 2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk eksperimen semu (quasi exsperiment). Desain yang digunakan adalah Two-Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Komplek Surau Gadang tersebar ke dalam tiga sekolah yang mempunyai masing-masing dua kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh SDN 05 Surau Gadang yang terdiri dari dua kelas yaitu VA dan VB sebagai kelas sampel. Dengan cara undian diperoleh kelas VB SDN 05 sebagai kelas eksperimen I dan kelas VA SDN 05 sebagai kelas eksperimen II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan strategi Quantum Reading efektif dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Begitu pula dengan penggunaan strategi PQ4R juga efektif dilakukan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa. Setelah dilakukan pengujian dengan uji-t diperoleh hasil thitung (0,314) < ttabel (2,000) dengan taraf signifikan 5% dimana Ho diterima dan Ha ditolak. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan strategi Quantum Reading tidak lebih efektif dibandingkan dengan PQ4R terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Komplek Surau Gadang Kota Padang, dibuktikan dari kelas eksperimen I yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi Quantum Reading memiliki hasil tes yang tidak jauh berbeda dibandingkan kelas eksperimen II yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi PQ4R.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Quantum Reading, Strategi PQ4R, Membaca Pemahaman. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:51 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:51 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21158 |