Firdaus, Yaumil (2013) Analisis Proses Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Green Product di Kota Padang: Studi Kasus pada Green Product The Body Shop. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_7_YAUMIL_FIRDAUS_11480_6120_2013.pdf [thumbnail of final_B1_7_YAUMIL_FIRDAUS_11480_6120_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_7_YAUMIL_FIRDAUS_11480_6120_2013.pdf
Download (976kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor-faktor yangmempengaruhi konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian terhadapgreen product The Body Shop di Kota Padang.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksploratif karena diperlukanpemahaman yang baik mengenai sifat dari masalah yang diteliti yang padakenyataannya masih sangat sedikit sekali penelitian mengenai area tersebut.Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Padang. Ukuran Sampeldalam penelitian ini adalah 135 orang. Teknik penarikan sampel adalah nonprobabilitysampling. Teknik non-probability sampling yang digunakan adalahmetode accidental sampling. Data penelitian terdiri dari data primer dan sekunder.Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesiner padaresponden sedangkan data sekunder diperoleh dari website Euromonitor. Teknikanalisis data yang digunakan adalah Exploratory Factor Analysis atau disingkatEFA. Adapun kriteria dalam menentukan faktor-faktor keputusan pembelianadalah menggunakan kriteria eigenvalue diatas 1,00 dengan presentase kumulatifdiatas 0,50 persen dan nilai dari muatan faktor adalah sebesar 0,50 atau lebihbesar dari 0,50 untuk setiap item.Dari hasil penelitian data dapat disimpulkan bahwa terdapat sepuluhfaktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalan pengambilan keputusanpembelian terhadap green product The Body Shop di Kota Padang. Adapunkesepuluh faktor-faktor tersebut adalah faktor produk, faktor promosi, faktordistribusi, faktor persepsi, faktor pembelajaran, faktor pengetahuan, faktor sikap,faktor motivasi, faktor gaya hidup, dan faktor personal.Berdasarkan penelitian ini maka disarankan kepada pihak The Body ShopPadang untuk meningkatkan pengetahuan eco-label dikalangan konsumen kotaPadang. Pemasar diharapkan lebih mengenalkan kepada masyarakat tentangpengetahuan green product. Pemasar juga diharapkan memahami danmengidentifikasi secara komprehensif bagaimana kebutuhan, keinginan dandorongan konsumen dalam penggunaan green product The Body Shop. PemasarThe Body Shop diharapkan untuk membuat iklan yang lebih simpel dan mudahdiingat oleh masyarakat kota Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Green Product, Keputusan Pembelian, The Body Shop, Exploratory Factor Analysis |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen-S1 |
Depositing User: | Yudi Mubarok |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:50 |
Last Modified: | 15 Aug 2025 01:24 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21150 |