Rahmatia, Fauza (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas V SD Negeri 12 Gugus Gunung Tuleh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
final_B1_06_FAUZA_RAHMATIA_16129314_4278_2020.pdf
Download (794kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based
Learnng (PBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Tematik
Terpadu Kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh tahun ajaran 2020/2021.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen berbentuk Quasi Eksperimental Design
jenis Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan
teknik simple random sampling. Penelitian dilakukan di kelas V SD Negeri 12 Gunung
Tuleh, Kelas VB sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA sebagai kelompok kontrol
yang masing-masing berjumlah 28 siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas dan homogenitas serta uji hipotesis
menggunakan uji-t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam
penggunaan model pembelajaran PBL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada
pembelajaran tematik terpadu kelas V SD Negeri 12 Gunung Tuleh. Hal ini dibuktikan
dari hasil uji-t (t-test) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh t hitung = 2,01> tabel =
2,00488. Kemampuan berpikir kritis siswa yang diperoleh kelompok eksperimen lebih
tinggi dari pada kelompok kontrol, ditunjukkan dari mean kelompok kontrol= 57,07 dan
mean yang diperoleh kelompok eksperimen = 64,14.
| Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
| Depositing User: | Sudia Ajjronisa S.Sos |
| Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:49 |
| Last Modified: | 13 Aug 2025 02:49 |
| URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21142 |
