Pengaruh Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VII di SMP Negeri 9 Padang

Monica, Tria (2019) Pengaruh Metode Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Seni Budaya (Musik) Kelas VII di SMP Negeri 9 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_Tria_Monica_15023111_2267_2019.pdf] Text
final_B1_06_Tria_Monica_15023111_2267_2019.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode inquiry berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya (musik) kelas VII di SMP Negeri 9 Padang.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dalam bentuk quasy experiment (eksperimen semu). Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah tes berupa soal objektif (pilihan ganda). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara melaksanakan ujian tertulis terhadap siswa di kontrol dan kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan perbedaan dari dua rata-rata nilai, sehingga dilakukan dengan uji t (t-test).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di kelas eksperimen yang menggunakan metode inquiry di kelas VII SMP Negeri 9 Padang dari pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Dapat dilihat dari hasil rata-rata nilai tes tertulis dan keterampilan di kelas eksperimen yaitu berjumlah 87.5 untuk tes tertulis dan 85 untuk tes keterampilan. Sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, perolehan hasil nilai rata-rata kelas tersebut yaitu 81.6 untuk tes tertulis dan nilai rata-rata untuk tes keterampilan 80. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inquiry dalam pembelajaran seni budaya yaitu efektif untuk meningkatkan hasil belajar, karena metode inquiry dirancang agar siswa tidak hanya berperan sebagai penerima pelajaran melalui penjelasan guru secara verbal, tetapi siswa berperan untuk menemukan sendiri inti dari materi itu.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Inquiry, Hasil Belajar, Seni Budaya.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Sendratasik-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:48
Last Modified: 13 Aug 2025 02:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21130

Actions (login required)

View Item
View Item