Lestari, Tri Novrianti (2018) Peningkatan Proses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas IV SD Santa Maria Muara Siberut. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_TRI_NOVRIANTI_LESTARI_58730_2427_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_TRI_NOVRIANTI_LESTARI_58730_2427_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_TRI_NOVRIANTI_LESTARI_58730_2427_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya proses pembelajaran tematik karena guru yang masih belum melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran. Siswa tidak diberi kesempatan untuk memecahkan masalah dalam kehidupan nyata siswa, siswa belum dilibatkan secara aktif mengemukakan pendapat dan berbagi ide dengan temannya. Guru kurang mengembangkan indikator dari kompetensi dasar yang terkait serta minimnya dalam mengembangkan model pembelajaran yang akan digunakan Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan PeningkatanProses Pembelajaran Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD Santa Maria MuaraSiberut.
Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat tahap kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV SD Santa Maria Muara Siberut.Data penelitian berupa proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan aspek aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan nilai perencanaan pembelajaran siklus 1 pertemuan I 66,66% (cukup), pada siklus 1 pertemuan II 81,25% (baik) dan meningkat siklus II 91,66% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek guru siklus 1 pertemuan I 66.66% (kurang), pada siklus 1 pertemuan II 83,33% (cukup) dan meningkat siklus II 91,66% (sangat baik). Hasil pengamatan aspek siswa siklus 1 pertemuan I 66,66% (kurang), pada siklus 1 pertemuan II 83,33% (cukup) dan meningkat siklus II 91,66% (sangat baik). Pada setiap siklus yang dilaksanakan terlihat peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 63,07 (cukup). Siklus I pertemuan II 73,26 (baik) dan siklus II 85 (sangat baik). Dengan demikian penggunaan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik terpadu di kelas IV SD Santa Maria Muara Siberut.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tematik Terpadu, Problem Based Learning (PBL), Proses Pembelajaran. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 02:02 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 02:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21098 |