Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV C SDN 23 Marapalam Kota Padang

Amri, Tri Mutia (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKn dengan Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) di Kelas IV C SDN 23 Marapalam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_TRI_MUTIA_AMRI_1300434_4956_2017.pdf] Text
final_B1_06_TRI_MUTIA_AMRI_1300434_4956_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang mengaitkan materi dengan kehidupan nyata siswa dan kurang melakukan diskusi kelompok dalam proses pembelajaran PKn di SD. Akibatnya hasil belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pkn Dengan Model Cooperative learning Tipe Numbered Head Together(NHT)di kelas IVC SDN 23 Marapalam Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang mana prosedur penelitiannya meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SDN 23 Marapalam Kota Padang yang berjumlah 28 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: (a) RPP siklus I pertemuan 1 adalah 82,1%, siklus I pertemuan 2 adalah 89,3% pada siklus II meningkat menjadi 92,86%, (b) Pelaksanaan pembelajaran dari aspek guru pada siklus I pertemuan 1 adalah 71,9% , siklus I pertemuan 2 adalah 84,4% meningkat menjadi 96,9% pada siklus II, pada aspek siswa siklus I pertemuan 1 adalah 68,8%, pada siklus I pertemuan II adalah 84,4% meningkat pada siklus II menjadi 93,8%, (c) Hasil belajar siswa pada siklus I adalah74,2 kualifikasi Cukup (C) pada siklus II meningkat menjadi 88,4 dengan kualifikasi Sangat Baik (SB). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model Cooperative learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pkn di Kelas IVC SDN 23 Marapalam Kota Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn), Cooperative Learning.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Sherin Febrianti
Date Deposited: 13 Aug 2025 02:00
Last Modified: 13 Aug 2025 02:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21092

Actions (login required)

View Item
View Item