Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar di Kelas V SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang

Islami, Indah Diniel (2017) Pengaruh Penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Mengidentifikasi Sifat-sifat Bangun Datar di Kelas V SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_06_INDAH_DANIEL_ISLAMI_1300433_2017.pdf] Text
final_B1_06_INDAH_DANIEL_ISLAMI_1300433_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya guru berinovasi
menggunakan model pembelajaran. Salah satunya model kooperatif tipe Jijsaw.
Pada umumnya proses pembelajaran berpusat pada guru akibatnya siswa kurang
aktif dan berpartisipasi dalam proses belajar , sehingga hasil belajar siswa banyak
di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah penggunaan model kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh
terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Jenis penelitian adalah eksperimen semu (quasi experimen) dengan desain
The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian dilakukan
di SD Negeri 27 Anak Air Kota Padang. Kelas VA sebagai kelas eksperimen dan
kelas VB sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 31 siswa.
Instrument penelitian berupa tes tertulis berbentuk pilihan ganda. Teknik analisis
data yang digunakan adalah uji t (t-tes).
Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata kelas eksperimen adalah
76,61 dengan standar deviasi 13,5 dan rata-rata pada kelas kontrol adalah 68,37
dengan standar deviasi 16,3. Pada perhitungan uji t diperoleh thitung = 2,13,
sedangkan t tabel dengan taraf nyata 0,05 dan dk = 60 diperoleh t(0,05;60) = 2,00,
sehingga t hitung > t tabel. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan
signifikan model kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar kognitif siswa pada
materi mengidentifikai sifat-sifat bangun datar di kelas V SD Negeri 27 Anak Air
kota Padang

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Risna Juita S.IP
Date Deposited: 13 Aug 2025 01:56
Last Modified: 13 Aug 2025 01:56
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21063

Actions (login required)

View Item
View Item