Chayatri, Indah (2017) Pengaruh Strategi KWL (Know Want to know Learned Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman di kelas IV SDN 44 Kalumbuk Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_INDAH_CHAYATRI_1304973_4438_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_INDAH_CHAYATRI_1304973_4438_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_INDAH_CHAYATRI_1304973_4438_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
Strategi KWL(Know - Want to Know – Learned )merupakan salah satu
strategi yang dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman. strategi
KWL memberikan kepada siswa tujuan membaca dan memberikan suatu peran
aktif siswa sebelum, saat, dan sesudah membaca. kenyataan di lapang
pembelajaran membaca pemahamaan masih jarang menggunakan strategi yang
cocok hal ini terbukti dengan rendahnya keterampilan pemahaman siswa terhadap
isi bacaan, oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
strategi KWL (Know - Want to Know – Learned) terhadap keterampilan membaca
pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri 44 Kalumbuk Kota Padang tahun ajaran
2016/2017.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian
nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas IV SDN 44 Kalumbuk dengan teknik pengambilan sampel purposive
sampling, yaitu 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Insrtumen
penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk objektif. Teknik analisis data
menggunakan bantuan program Microsoft Excel.
Berdasarkan hasil posttes diperoleh bahwa rata-rata keterampilan
membaca pemahaman dengan menggunakan strategi KWL (kelas eksperimen)
lebih tinggi dibandingkan rata-rata ketempilan membaca pemahaman dengan
tidak menggunakan strategi KWL (kelas kontrol). rata-rata posttest kelas
eksperimen yaitu sebesar 85,86 dan kelas kontrol sebesar 77,2 Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, uji hipotesis pada
penelitian ini menggunakan rumus t-test yang didahului dengan uji prasyarat
analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas.Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan strategi KWL
terhadap keterampilan membaca pemahaman siswa kelas IV di SD Negeri 44
Kalumbuk kota Padang. Hal ini dibuktikan dari hasil t-test dengan taraf
signifikan 5% (0,05) dieroleh thitung = (13,4055) > t tabel (2,00172).
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | strategi belajar KWL, membaca Pemahaman, siswa kelas IV SD |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:55 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21062 |