Budianti, Indah (2020) Pengaruh Model Kooperatif Tipe Course Review Horay terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_INDAH_BUDIANTI_16129177_3817_2020.pdf [thumbnail of final_B1_06_INDAH_BUDIANTI_16129177_3817_2020.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_INDAH_BUDIANTI_16129177_3817_2020.pdf
Download (446kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan model konvensional yang masih
digunakan guru dalam proses pembelajaran, kurangnya keterlibatan peserta didik
dalam pembelajaran yang membuat peserta didik bosan dan kurang semangat
dalam proses pembelajaran sehingga hasil belajar peserta didik belum sesuai
harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif
tipe Course Review Horay terhadap hasil belajar peserta didik dalam
pembelajaran tematik terpadu di Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Sungai Tarab
Kabupaten Tanah Datar semester ganjil tahun ajaran 2020/2021.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
eksperimen, dan desain penelitian quasi eksperimen bentuk nonequivalent control
group design. Pengambilan data sampel dilakukan dengan menggunakan teknik
purposive sample. Sampel penelitian ini berjumlah 40 orang dengan populasi
sebanyak 74 orang. Perlakuan yang peneliti berikan kepada kelas eksperimen
bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang terjadi terhadap hasil belajar dengan
menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay.
Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data berupa tes objektif dengan
bentuk pilihan ganda.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh thitung > ttabel
yakni 2,84 > 1,72 dengan α =0,05 yang berarti H0 ditolak. Rata-rata hasil belajar
peserta didik yang diukur dengan posttest setelah dilakukan pembelajaran, yakni
pada kelas eksperimen 81,2 dan kelas kontrol 76,4. Sehingga Ha diterima yaitu
terdapat pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay
terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik terpadu di kelas V
SDN Gugus V Kecamatan Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kooperatif Tipe Course Review Horay, Hasil Belajar,Tematik Terpadu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:55 |
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:55 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21061 |