Amallyah, Indah (2017) Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Menggunakan Cooperative Learning Tipe Picture and Picture di Kelas VC SDN 23 Marapalam Kota Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_INDAH_AMALLYAH_1300453_3544_2017.pdf [thumbnail of final_B1_06_INDAH_AMALLYAH_1300453_3544_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_INDAH_AMALLYAH_1300453_3544_2017.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang dilaksanakan
guru kurang sesuai dengan yang diharapkan yaitu guru kurang berpedoman pada
perencanaan yang telah dirancang (RPP) dan jarang menggunakan media dan
model yang bervariasi dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran. Akibatnya hasil
belajar yang diperoleh siswa menjadi rendah. Tujuan penelitian ini adalah
mendeskripsikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS
Menggunakan Coperative Learning Tipe Picture and Picture di Kelas VC SDN
23 Marapalam Kota Padang.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan
kuantitatif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan
refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VC SDN 23 Marapalam
Kota Padang yang berjumlah 32 orang. Data penelitian berupa hasil pengamatan
dan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui lembar observasi dan lembar tes.
Hasil penelitian pengamatan RPP pada siklus I adalah 85,7% (B) meningkat
menjadi 96,4% (SB) pada siklus II. Hasil pengamatan aspek guru dan aspek siswa
pada siklus I adalah 76,4% (B) meningkat menjadi 94,4% (SB) pada siklus II.
Hasil belajar siswa pada siklus I adalah 77,2 meningkat menjadi 90,5 pada siklus
II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwaCoperative Learning Tipe Picture
and Picturedapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS di
Kelas VC SDN 23 Marapalam Kota Padang
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21059 |