Utami, Tika Agri (2018) Pengaruh Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Two Stay Two Stray terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 31 Pasir Kandang, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_TIKA_AGRI_UTAMI_1300455_2240_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_TIKA_AGRI_UTAMI_1300455_2240_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_TIKA_AGRI_UTAMI_1300455_2240_2018.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketidakaktifan siswa dalam proses pembelajaran, Karena guru kurang menggunakan model pembelajaran Cooperative,sehingga siswa kurang tertarik mengikuti pembelajaran PKn. Salah satu upaya yang dapat dilakukan guru adalah dengan menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray(TSTS). Sementara, Penelitian ini bertujuan mengetahui seberapa besar Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 31 Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah Padang.
Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan quasy eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas V SDN 31 Pasir Kandang yang berjumlah 58 orang. Teknik pengambilan sampelnya probabilitas sampling dengan cara random. Teknik pengumpulan data dengantes, berupa soal objektif sebanyak 30 butir soal. Alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data dalam penelitian adalah data primer tentang hasil belajar siswa dan sumber datanya nilai siswa. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test).
Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen dan nilai rata-rata kelompok kontrol.Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitungsebesar 2,1700 dan ttabel sebesar 2,004879dalam taraf kepercayaan 0,05, sehingga thitung >ttabel, dimana 2,1700>2,004879. Dengan demikian, dapat disimpulkan Pembelajaran Cooperative Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) memberi pengaruh Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di Kelas V SDN 31 Pasir Kandang Kecamatan Koto Tangah Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative Learning, Two Stay Two Stray (TSTS), Hasil belajar. |
Subjects: | J Political Science > JF Political institutions (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Sherin Febrianti |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:30 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21058 |