Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode diskusi pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 02 Simpang Tanjung nan IV Kabupaten Solok

Yanti, Endra (2012) Peningkatan Hasil Belajar siswa melalui metode diskusi pada pembelajaran PKN kelas IV SDN 02 Simpang Tanjung nan IV Kabupaten Solok. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of final_B1_6_ENDRA_YANTI_09966_2879_2012.pdf] Text
final_B1_6_ENDRA_YANTI_09966_2879_2012.pdf

Download (171kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru cenderung menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan dalam pembelajaran siswa tidak aktif sehingga hasil belajar siswa rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar PKn melalui metode diskusi pada siswa kelas IV SDN 02 Simpang Tanjung Nan IV Kabupaten Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kwantitatif. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN. 02 Simp Tj Nan IV. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dimana siklus I terdiri atas dua kali pertemuan dan siklus II terdiri atas satu kali pertemuan.
Hasil penelitian dari setiap siklus yang telah dilaksanakan dengan metode diskusi menunjukkan adanya peningkatan baik proses pembelajaran maupun hasil belajar siswa. Aspek penilaian RPP pada siklus I pertemuan 1 adalah 78% meningkat menjadi 84,4% pada siklus I pertemuan 2 dan 96,7% pada siklus II. Dari aspek aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mendapat nilai 72,5% meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 82,5% dan 92,5% pada siklus II. Dari aspek aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 mendapat nilai 77,5% meningkat pada siklus I pertemuan 2 menjadi 85% dan 90% pada siklus II. Dari aspek kognitif pada siklus I pertemuan 1 rata-rata yang dicapai siswa yaitu 69,8, dan pada siklus I pertemuan II mengalami peningkatan menjadi 76,4 dan pada siklus II 88. Aspek penilaian afektif rata-rata pada siklus I pertemuan 1 adalah 76, siklus I pertemuan 2 menjadi 80 dan pada siklus II meningkat menjadi 90. Aspek Psikomotor rata-rata pada siklus I pertemuan 1 adalah 71%, pada siklus I pertemuan 2 menjadi 86 dan siklus II 93

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, diskusi, PKn, kognitif, afektif, psikomotor.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1
Depositing User: Mabruri Haulia Fadri
Date Deposited: 12 Aug 2025 09:28
Last Modified: 12 Aug 2025 09:28
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21045

Actions (login required)

View Item
View Item