Annisa, Imra (2016) Pengaruh Penenerapan Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 15 Padang Sarai. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![final_B1_06_IMRA_ANNISA_1300524_2372_2018.pdf [thumbnail of final_B1_06_IMRA_ANNISA_1300524_2372_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
final_B1_06_IMRA_ANNISA_1300524_2372_2018.pdf
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V
pada mata pelajaran IPS yang masih banyak tidak mencapai Kriteria Ketuntasan
Minimal (KKM). Hal ini disebabkan model pembelajaan yang digunakan kurang
memancing siswa untuk aktif dan penyajian materi pembelajaran yang kurang
menarik sehingga mempengaruhi hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan
untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif
tipe Student Teams Achievement Division terhadap hasil belajar siswa di kelas V
SDN 15 Padang Sarai pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk Quasi
Experimental Design. variabel bebas dalam penelitian ini adalah model
Pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division sedangkan
variabel terikatnya adalah hasil belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
V SDN 15 Padang Sarai sebanyak 69 siswa, dengan dibagi menjadi dua
kelompok yaitu kelompok eksperimen sebanyak 35 siswa dan kelompok kontrol
34 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebanyak 30 butir soal.
Data yang diperoleh dianalisis menggunakant-tes. Hasil penelitian yang diperoleh
adalah nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan model pembelajaran
Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division 75,14 lebih tinggi dari nilai
rata-rata kelas kontrol 65,35. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung
= 3,08 sedangkan ttabel pada taraf signifikansi α 0,05 adalah 1,980. Jika
dibandingkan, maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3,08>1,980. Hal ini
menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams
Achievement Division berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa
kelas V SDN 15 Padang Sarai.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division, Pembelajaran IPS |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.IP |
Date Deposited: | 12 Aug 2025 09:28 |
Last Modified: | 12 Aug 2025 09:28 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/21038 |